Kamis, 12 Maret 2015

Media Konvensional Ular Tangga Melingkar Matematika


Ular Tangga Melingkar Matematika




M. Dammiri Saputra
06081281419028
Pendidikan Matematika 2014
Kampus Palembang



Materi             : Bangun datar dan Bangun Ruang.
Ditujukan       : Siswa SMP kelas 8
Tujuan           :
·         Mempermudah gaya penyampaian Materi Bangun Ruang dan Bangun datar dalam sebuah permainan
·         Mengulangi dan melatih daya ingat siswa terhadap Materi Bangun datar dan Bangun ruang.
·         Melatih daya hitung siswa terhadap Materi bangun ruang. Baik berupa ketelitian, kecepatan, keakuratan siswa.

Alat dan Bahan

·         Kertas Karton
·         Kertas Kambing warna –warni
·         Pensil
·         Spidol
·         Penghapus
·         Penggaris
·         Gunting
·         Lem Kertas


Langkah Pembuatan


Pembuatan Ular Tangga :
1.      Siapkan Alat dan Bahan yang diperlukan dalam pembuatan Ular Tangga melingkar Matematika.
2.      Mulailah menggambar Persegi dengan Ukuran 30 x 30 cm. Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran yang anda inginkan.
3.      Potong persegi.
4.      Lalu bagi persegi ukuran 30 x30 cm tersebut  menjadi persegi-persegi kecil didalamnya dengan ukuran 6 x 6 cm. Dapat disesuaikan dengan ukuran yang kalian inginkan. Namun, diusahakan menghasilkan satu tempat di tengah persegi yang kalian buat.
5.      Tulislah nomor 1- 25 di dalam persegi-persegi kecil di bagian pojok kiri atas setiap persegi secara mengelilingi persegi dari kiri ke kanan ke atas ke kiri ke bawah ke kiri lagi sehingga sampai  ke angka 25.
6.      Mulailah buat gambar bangun datar dan bangun ruang pada kertas kambing. Utk mempercantik tampilan anda dapat menggukan kertas kambing dengan berbagai macam warna.
7.      Potonglah bangun datar dan bangun ruang yang telah anda gambar dengan hati-hati. Agar bentuk bangun datar dan bangun ruang yang anda buat tidak rusak. Ini dimaksudkan agar tidak ada keslahan dalam permainan Ular Tangga Melingkar Matematika.
8.      Mulailah merekatkan lem kertas pada bangun datar dan bangun ruang ke setiap persegi ukuran 6x6 tadi. Di harapkan susunan yang dibuat dari angka kecil ke besar dari bangun datar ke bangun ruang agar terlihat ternyata semakin naik mendekati angka finish semakin sulit soal yang diberikan
9.      Mulailah membuat soal pada setiap persegi yang ada
Misalkan          :
Bangun datar terdapat 3 soal dengan pertanyaan
1.      apakah bentuk bangun datar ini?
2.      Keliling Bangun datar?
3.      Luas Bangun datar?
Bangun Ruang juga sama dengan pertanyaan
1.        Apakah bentuk bangun ruang ini?
2.        Volume bangun ruang?
3.        Luas Permukaan Bangun Ruang?
10.  Buatlah peraturan yang anda inginkan dalam permainan permainan Ular Tangga Melingkar Matematika.
11.  Ular Tangga Matematika siap untuk digunakan.


Pembuatan Pion

1.      Siapkan Alat dan bahan berupa pensil, spidol, kertas kambing, gunting, lem kertas
2.      Mulailah menggambar bentuk pion yang diinginkan bisa berupa bentuk apa saja yang diingkan, diharapakan bentuk pion dapat di tegakkan. Maka, diusahakan membentuk pion 3D.
3.      Gunting kertas kambing yang telah digambar.
4.      Rekatkan setiap bagian kertas dengan lem kertas,
5.      Pion selesai.



Pembuatan dadu.

1.      Siapkan kertas, gunting, pensil, penggaris, Lemb Kertas
2.      Mulailah membuat jaring-jaring kubus sesuai dengan ukuran dadu yang dinginkan.
3.      Potonglah jaring-jaring kubus dengan cara melebihkan ukuran jaring-jaring kubus pada bagian luarnya.
4.      Lipat setiap garis pada jaring-jaring kubus.
5.      Rekatkan setiap setiap sisi kubus dengan menggunkan Lem kertas.
6.      Buatlah titik-titik pada setiap sisi kubus sesuai dengan jumlah sisi dimulai dengan 1 titik pada sisi awal sampai 6 titik pada sisi akhir
7.      Dadu siap digunakan.


Peraturan dalam permainan

Sebenarnya peraturan dapat anda sesuaikan dengan peraturan yang anda ingin kan. Namun, pada ular Tangga melingkar Matematika yang saya buat mempunyai peraturan sebagai berikut:
1.      Menjawab Soal
Pada saat pemain melempar dadu dan muncul angka dadu yang harus ia jalani. Misalkan pemain melempar dadu dan muncul angka 2. Lalu pemain maju 2 langkah, pada persegi yang dia tempati terdapat soal-soal yang harus di jawab
2.      Mundur 2 langkah bila tidak tidak dapat menjawab soal.
3.      Mundur 3 langkah bila jawaban salah.
4.      Pemain menjawab soal ada batasan waktu. Waktu diberikan menyesuaikan dengan tingkat kesulitan pada soal yang diberikan.
5.      Pemain sudah mencapai tempat finish namun bila pemain tidak tepat berhenti pada tempat finish. Maka, pemain harus mundur sesuai dengan angka yang tersisa.


Cara Permainan

  1. 1.      Siapkan 2-4 pemain.
  2. 2.      Mulai tentukan siapa pemain yang jalan pertama sampai jalan terakhir.
  3. 3.      Lemparlah dadu, lalu ikuti angka dadu yang keluar. trus jalan dengan jumlah dadu yang didapatkan.
  4. 4.      Permainan tentunya tidak semudah dengan ular tangga biasa. Pada Ular tangga Matematika mempunyai daya tarik tersendiri karena siap pemain bila berhenti dengan jumlah dadu yang keluar akan mendapatkan pertanyaan. (bila dapat menjawab, pemain akan tetap ada di tempat dadu yang dilempar tadi. Bila tidak dapat menjawab pemain harus mundur 2 langkah. Bila jawaban salah mundur 3 langkah). Begitu seterusnya sampai mencapai garis finish.






(Selamat Membuat dan Selamat mencoba permainan J)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar