Rabu, 16 Maret 2016

RPP Bangun Ruang Sisi Datar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SMP NEGERI 7 PALEMBANG
Mata Pelajaran               : Matematika-Wajib
Kelas/ Semester               : VIII/2
Materi Pokok                  : BangunRuangSisiDatar ( Kubus )
Pertemuanke                   : 1
Alokasi Waktu                : 2 jam pelajaran

A. KompetensiInti
KI 1:  Mengetahui dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggungjawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan.
KI 3:  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) beradasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  KompetensiDasar
KD 2.1Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
KD 2.2Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
KD 3.9:  Menentukan luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas.



C. IndikatorPencapaianKompetensi
1.      Bertanggung jawab dalam kegiatan kelompok.
2.      Logis dalam menemukan sifat-sifat kubus.
3.      Kritis dalam proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.      Tidak mudah menyerah dalam pemecahan masalah sifat-sifat kubus.
5.      Mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang sisi datar kubus.
6.      Membuat jaring-jaring bangun ruang sisi datar kubus.
7.      Menghitung Luas permukaan dan Volume kubus

D.  TujuanPembelajaran
Dengan pendekatan scientific melalui model pembelajaran Project Based Learning, maka siswa dapat:
1.      Bertanggung jawab dalam kegiatan kelompok.
2.      Logis dalam menemukan sifat-sifat kubus.
3.      Kritis dalam proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.      Tidak mudah menyerah dalam pemecahan masalah sifat-sifat kubus.
5.      Mengidentifikasikan unsur-unsur bangun ruang sisi datar kubus.
6.      Membuat jaring-jaring bangun ruang sisi ruang kubus.
7.      Menghitung luas permukaan dan volume kubus.

E.  MateriPembelajaran
1.      Menemukan Sifat-sifat bangun ruang sisi datar kubus.
http://rumus-matematika.com/wp-content/uploads/2013/06/kubus.jpg
·         Rusuk  yang berhadapan sejajar dan sama panjang pada Kubus ABCD-EFGH diatas, rusuk AB dan DC, AD dan BC, EF dan HG, EH dan FG, AB dan EF, AE dan BF, DC dan HG sejajar dan sama panjang. Demikian juga dengan rusuk AB dan HG, EF dan DC, AD dan FG, EH dan BC yang sejajar dan sama panjang.
·         Sisi-sisi yang berhadapan dan mempunyai sisi dan rusuk yang sama ABCD dan EFGH, ABEF dan DCHG, ADEH dan BCFG yang mempunyai sisi-sisi dan rusuk yang sama panjang.
·         Semua titik sudutnya sama besar pada setiap sudutnya. Setiap sudutnya 90O. Pada setiap sisi datar sudut kubus.
·         Memiliki Diagonal pada setiap sisi kubusnya. Pada sisi ABCD, AC=BD. Pada sisi EFGH, EG=FH. Pada sisi ABEF, AE=BF. Pada sisi CDGH, CG=DH.
·         Memiliki diagonal ruang pada rongga kubus ABCD-EFGH, ABGH, CDEF, ADFG, BCEH.
Volume : s3
 
Misalkan setiap sisi kubus mempunyai panjang setiap sisi rusuk yang sama panjang maka panjang, lebar dan tinggi kubus adalah sisi (s). Luas Permukaan (L) dan Volume (V) Kubus dinyatakan dengan:
Luas Permukaan : 6s2
 
L Permukaan
2.      Menentukan Jaring-jaring bangun ruang sisi ruang kubus.
 







·      Jaring-jaring kubus atau kerangka kubus mempunyai 6 sisi yang sama panjang dan sama besar.
·      Tersusun, jika di rangkai membentuk kubus yang mempunyai sisi yang sama panjang



F.  Model danMetodePembelajaran
1.   Pendekatan  Pembelajaran        : Pendekatan Saintifik (Scientific)
2.   Model Pembelajaran                 : Project Learning
3.   Metode Pembelajaran               : Diskusi, Tanya Jawab dan Tugas




G. Media / AlatPembelajaran


·      Media :
1.      Laptop
2.      LCD Proyektor




·      Alat Peraga :
1.      Model Bangun ruang kubusdari karton.
2.      Kerangka
3.      Mika
4.      Kubus satuan
5.      Benda konkrit.







H. SumberBelajar
1.      Buku paket Matematika kelas VIII jilid 2A penerbit: Erlangga.
2.      LKS

I.    Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru memberikan gambaran mengenai pentingnya memahami sisi datar kubus dan memberikan gambaran beberapa bentuk Kubus yang ada di lingkungan sekitar. Dalam hal ini siswa melakukan kegiatan melihat dan menanya
Dengan beberapa model dan kerangka kubus yang telah diberikan kepada siswa. Guru memerintahkan kepada siswa untuk menyebutkan dan menjelaskan beberapa benda yang berada dilingkungan sekitar. Hal ini secara langsung telah melakukan kegiatan mencoba dan menalar yang dilakukan oleh siswa dalam mengidentifikasi sifat-sifat sisi datar kubus.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memaparkan garis besar dalam kegiatan pembelajaran.


5 menit






5 menit


2 menit
Inti
1.      Fase 1: Stimulation (Pemberian Rangsangan/ Pemanasan)
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai sisi datar kubus, “sebutkan beberapa sifat-sifat atau unsur-unsur kubus yang kalian ketahui? Apakah rubik termasuk dalam sisi datar kubus?”. Dalam kegiatan pertanyaan yang diajukan oleh guru, dapat menimbulkan rasa ingin tahu dan pengetahuan bagi siswa.
2.      Fase 3: Mengorganisasikan siswa belajar
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang telah disesuaikan dengan tidak membeda-bedakan anggota setiap kelompok. Sesuai dengan kurikulum 2013 menumbuhkan toleransi antara siswa

3.      Fase 3: Pertanyaan / identifikasi masalah
·           Guru memberikan sebuah kerangka kubus. Lalu siswa diminta untuk berdiskusi untuk membuat kerangka kubus yang berbentuk sedemikian rupa dengan bentuk kubus yang telah diberikan oleh guru. Dalam kegiatan hal ini siswa dapat melihat mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, menalar menghitung rusuk setiap kubus, menanya bagaimana cara membentuk dan menghubungkan setiap rusuk kubus yang telah mereka peroleh.

4.      Fase 4: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.
·           Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami siswa. Guru juga dapat memberi bantuan berkaitan kesulitan yang dialami siswa
·         Siswa melakukan eksperimen dengan contoh kerangka kubus yang disediakan  untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Guru menemukan semua kemungkinan dari masalah yang ada. Bila siswa belum mampu menjawabnya, guru memberi bantuan mengenai bagaimana cara agar mereka bisa menemukan penyelesaian masalah yang mereka hadapi. Dari tapahan yang dilakukan siswa, mereka telah melakukan kegiatan mencoba
5.      Fase 5: mengumpulkan data / menyajikan laporan
Siswa menyiapkan laporan/data  sesuai dengan hasil diskusi kelompok mengenai pembentukan kerangka kubus secara rapi, rinci, dan sistematis.
6.      Fase 6: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Guru meminta pada setiap kelompok untuk menentukan satu perwakilan untuk mengkomikasikan atau mempaparkan hasil diskusi mereka mengenai pembuatan kerangka kubus dan sifat-sifat kubus. Menimbulkan rasa tanggung jawab dalam mempertanggung jawabkan hasil diskusi siswa dengan kelompoknya. Dalam hal ini juga siswa menjalankan kegiatan mengkomunikasikan.
7.     Fase 7: Menarik kesimpulan
Siswa diharapkan untuk menangkap dan menalar hasil dari paparan setiap kelompok lalu membuat hasil diskusi dalam sebuah bentuk laporan data.





10 Menit





2 menit








10 menit










20 menit











5 menit






20 menit







5 menit
Penutup
Evaluasi : Guru memberikan satu soal yang masih berhubungan dengan pembentukan kerangka kubus dan jaring-jaring kubus. Guru memberikan soal individu untuk membuat kubus sesuai dengan tahapan yang telah dilakukan dalam kelompok. Soal dikerjakan dikumpulkan dalam pembentukan sebuah laporan, hasil pengumpulan tersebut akan dinilai. Dalam hal ini siswa dituntut untuk menimbukan rasa Percaya diri dan tidak mudah menyerah. Lalu membuat siswa melakukan kegiatan sesuai dengan Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan mengkomunikasikan lagi.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar. Guru memberitahu materi pembelajaran berikutnya untuk dipelajari.
20 menit












2 menit

J.   Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Konsisten dan Telitidalam menyelesaikan tugas individu atau kelompok
d.      Tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan tugas individu atau kelompok
e.       Rasa ingin tahu dalam menyelesaikan tugas individu atau kelompok
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat sisi datar kubus.
b.     Membuat jaring-jaring bangun ruang sisi datar kubus

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.       Terampil dalam menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang berhubungan dengan Kubus
b.      Terampil menjelaskan unsur-unsur dan sifat-sifat Kubus dengan model atau gambar Kubus
c.       Terampil menggambar bangun ruang sisi datar kubus, membuat jaring-jaring bangun ruang sisi datar kubus

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi


K.    Instrumen Penilaian
Instrumen Penilaian Sikap

PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas                              : VIII/2
Tahun Pelajaran          : 2014/2015
Topik                             : Bangun Ruang Sisi Datar
Waktu Pengamatan     : Saat kegiatan berlangsung

Petunjuk:
1.      Fokus sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam pengamatan terhadap sikap konsisten dan teliti dalam menyelesaikan tugas individu atau kelompok, tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan tugas individu atau kelompok, dan rasa ingin tahu dalam menyelesaikan tugas individu atau kelompok.

2.      Kriteria  perkembangan sikap KERJA SAMA (dalam kelompok)
·      Sangat baik, jika menunjukkan sudah sikap konsisten dan teliti, tidak mudah menyerah, dan rasa ingin tahu.
·      Baik, jika menunjukkan sudah sikap konsisten dan teliti, tidak mudah menyerah, dan rasa ingin tahu tetapi belum terus menerus
·      Cukup, jika menunjukkan sudah sikap konsisten dan teliti, tidak mudah menyerah, dan rasa ingin tahu.
·      Kurang jika menunjukkan sama sekali tidak sikap konsisten dan teliti, tidak mudah menyerah, dan rasa ingin tahu.

3.      Tuliskan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
Nama
Rasa ingin tahu
Konsisten dan Teliti
Tidak Mudah Menyerah
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1













2













3














...













Keterangan
SB   =  Sangat Baik
B     =  Baik
C     =  Cukup
K    =  Kurang Baik














2.  InstrumenPenilaianPengetahuan
Tes Tertulis
1.       
2.      Andre diminta oleh gurunya untuk membuat kubus. Hal yang pertama harus Andre lakukan adalah membuat jaring-jaring kubus, di antara 4 gambar dibawah ini.
Jaring-jaring Kubus
manakah yang dapat digunakan Andre untuk membuat kubus?
Catatan :
      Hal pertama yang harus diperhatikan bukan dari pemberian skor dalam jawaban siswa yang mereka peroleh, tetapi juga di nilai dari pemahaman, komunikasi, seberapa sering mencoba, stategi yang digunakan dalam permasalahan.
Kunci Jawaban:
Kubus memiliki 6 sisi yang menutupi semua ruangnya tanpa ada sisi yang tidak tertutupi. Maka dapat dipastikan bahwa bentuk kubus yang benar, Kubus yang harus di ambil oleh Andre adalah kubus nomor satu (1).









3.  InstrumenPenilaianPengetahuan
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester               : VIII/2
Tahun Pelajaran            : 2014/2015
Waktu Pengamatan       : 2 x 45 menit
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar kubus.
  1. Kurang terampil, jika sama sekali tidak dapat menggambar bangun ruang sisi datar dan membuat jaring-jaring bangun ruang sisi datar yang relevan, berkaitan dengan bangun ruang sisi datar kubus.
  2. Terampil, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menggambar bangun ruang sisi datar dan membuat jaring-jaring bangun ruang sisi datar yang relevan, berkaitan dengan bangun ruang sisi datar kubus.
  3. Sangat terampil, jika menunjukkan adanya  usaha untuk menggambar bangun ruang sisi datar dan membuat jaring-jaring bangun ruang sisi datar yang relevan, berkaitan dengan bangun ruang sisi datar kubus.

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
NamaSiswa
Keterampilan
Menggambar Bangun Ruang Sisi Datar dan Membuat Jaring-jaring Bangun Ruang Sisi Datar
KT
T
ST
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




Keterangan:
KT: Kurang terampil          T : Terampil              ST: Sangat terampil
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
Satuan Pendidikan           :   SMA
Kelas/ Semester                 :   VIII/2
Mata Pelajaran                 :   Matematika
Topik                                :   Bangun ruang sisi datar KUBUS
Waktu                                :   45 menit
1.      Perhatikan gambar di bawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJ81YA90jAIxB9_GQwrhgWq8GpnyxkWewmphesI6WB3piNX2OXtapegkXfBzslynorPBzrJ7i0tHAlx7EHq_d38K2MdsLGFctdEmRmNxpKY_4zjykuDgPi5JuJXaPAY0AFfx1bfudz350/s1600/kubus1.png
Jawablah pertanyaan sebagai berikut.
a.       Sebutkan dan tuliskan ada berapa rusuk-rusuk pada Kubus di atas?
b.      Sebutkan dan tuliskan ada berapa sisi pada Kubus di atas?
c.       Sebutkan dan tuliskan ada berapa titik sudut pada Kubus di atas?
d.      Sebutkan dan tuliskan ada berapa diagonal ruang pada Kubus di atas?











2.      Dibawah ini terdapat berbagai macam bentuk jaring-jaring. Tentukanlah ada berapa jaring-jaring yang bisa di bentuk menjadi kubus?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar