Rabu, 16 Maret 2016

Pengaruh Game Online (artikel)

Game Online Menjajah Anak-anak di Indonesia
Oleh : M. Dammiri Saputra

Pengertian Game Online
            Game Online, berasal dari bahasa Inggris Game yang berarti Permainan dan Online yang terdiri dari kata On dan line dimana on artinya hidup dan line artinya saluran sehingga online mempunyai arti sebagai saluran yang mempunyai sambungan. Jadi, berdasarkan penjabaran di Game dan Online tadi, dapat di ambil pengertian bahwa game online merupakan suatu permainan yang dapat dilakukan melalui saluran atau sambungan yang menggunakan sinyal atau jaringan internet. Sinyal yang di maksud disini adalah suatu hubungan atau sambungan yang memungkinkan untuk saling berhubungan antara suatu server ke server jaringan atau sinyal lain.
            Game online termasuk suatu permainan yang memungkinkan seorang pemain tidak harus bermain secara tatap muka langsung sesama pemain game lain. Game online ini bisa membuat seorang pemain tidak harus berinteraksi ataupun berbicara dengan pemain lain secara langsung. Berbeda dengan permain yang biasa kita jumpai di kalangan masyarakat yang menggunakan beberapa anak untuk saling berinteraksi sosial untuk memulai sebuah permainan.

Perkembangan Game Online
            Semakin berkembangnya teknologi membuat permainan game online semakin marak, dan tentunya ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para gamers. Menurut ligagame Indonesia, game online muncul di Indonesia pada tahun 2001 yaitu game online yang pertama kali masuk dan menjadi virus sampai sekarang bermula dari game online yang bernama Nexia Online. Menurut situs yang saya akses mengenai perkembangan sajarah game online di indonesia. Game online  yang beredar di Indonesia sendiri cukup beragam dari yang bergenre action, sport, maupun RPG(role-playing-Game). Untuk saat ini, sudah tercatat ada 20 macam game yang terdaftar di Indonesia.
            Pada awal perjalanannya Game Online memang mendapatkan sambutan baik di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2004. Ini menjadi masa paling sulit bagi pasar game online. Pada tahun ini masa yang membuat pemasar beberapa perusahaan Game online berbondong-bondong bersaing untuk memperebutkan pemasaran game online mereka di tingkat pemasaran dunia. Di saat persaingan tersebut juga membuat banyak perusahaan membuat game online baru untuk masuk di pasaran dunia, dan bagi perusahaan yang telah duluan memasarkan game onlinenya di pemasaran dunia berusaha juga untuk tetap bertahan di pemasaran dunia. Game online di tahun inilah yang bertahan akan terus bertahan. Tetapi, yang tidak bisa bertahan perusahaan game online akan menyerah dan mengalah untuk perkembangan game online yang baru.
            Masa kejayaan Game online terjadi pada pada tahun 2004-sekarang.

Dampak Positif (Manfaat) Game Online Terhadap Anak-anak
            Game online mempunyai berbagai macam dampak positif atau manfaat terhadap anak-anak.
1.      Melatih fisik
Maksud dari melatih fisik, Game online dapat melatih anak-anak untuk bergerak walaupun dalam lingkup ruang yang kecil

2.      Melatih ketangkasan
Bagi anak-anak bermain game online dapat melatih mereka untuk memancing tingkat koordinasi dan kejelian mata anak mereka.
3.      Meningkatkan sportivitas
Permainan game online juga memiliki beberapa peraturan yang melatih anak-anak untuk dapat lebih patuh terhadap peraturan game tersebut
4.      Mengurangi stress
Seperti yang telah diketahui, pasti beberapa anak-anak akan mengalami stress jika kelamaan belajar dan juga dipadati dengan beberapa kesibukan ekstrakulikuler di sekolah. Maka, game online bisa membuat anak-anak menjadi lebih bisa lebih rileks.
5.      Menghilangkan rasa kesal, amarah
Melalui game online dapat membuat anak-anak menjadi lebih tenang sama seperti halnya mengurangi stres.

Dampak Negatif ( Hal Buruk) Game Online terhadap Anak-anak
            Seperti kedua sisi mata uang yang saling bertolak belakang jika ada dampak positif atau manfaat dari game online sudah pasti ada dampak negatif atau hal buruk dari game online. Ada beberapa hal yang sangat menonjol dari dampak negatif dari game online:
1.      Kurang tidur
Anak-anak sudah menghabiskan sebagian besar waktunya  untuk belajar di sekolah dan beraktivitas. Namun, mereka ingin tetap bermain game. Sehingga banyak anak mengorbankan waktu berharga mereka untuk tidur sebagai pengganti dalam bermain game. Pencandu game yang kurang tidur seperti inilah dapat membahayakan kesehatan mereka
2.      Malas
Kebanyakan bermain game dapat membuat anak-anak menjadi berperilaku tidak baik dan membuat mereka hanya bisa bermain game seharian tanpa memikirkan hal-hal yang lain.
3.      Makan kurang sehat
Ketika pencandu game terlalu sibuk dengan permainannya maka mereka akan melupakan segala kegiatan apapun dari mereka. Pencandu game inilah yang akan beralih untuk makan makanan cepat saji seperti makanan dalam bentuk beku atau instan. Anak-anak yang kecanduan game online akan lebih memilih banyak minum daripada makan. Minuman yang mereka minum pun berupa minuman bersoda atau minuman berergi dengan harapan agar mereka mendapatkan kondisi fisik yang prima dai minuman seperti itu.
4.      Perilaku agresif
Game online terkadang membuat anak-anak lebih agresif dan mementingkan permainan sehingga yang mereka harapkan dari sebuah permainan adalah suatu kemenangan. Perilaku seperti inilah yang menyebabkan anak-anak lebih memilih untuk memasukkan dunia game mereka kedunia nyata. Hal seperti ini sangat membahayakan bagi anak-anak yang terlalu kecanduan terhadap game online.
5.      Gaya hidup buruk

Anak-anak pecandu game online akan mencurahkan semua sisi kedupannya untuk aktif dalam pemainan game online. Anak-anak hanya akan duduk ataupun berbaring selama seharian dengan permainan game onlinenya. Kebiasaan seperti ini juga menyebabkan anak-anak bisa saja terserang penyakit stroke, penyakit jantung ataupun hipertensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar