Senin, 14 Maret 2016

Contoh RPP Himpunan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 7 Palembang
Kelas/Semester                        : VII/1
Mata Pelajaran                        : Matematika-Wajib
Topik                                       : Himpunan
Alokasi Waktu                        : 2 x 40 menit
Banyak pertemuan                  : 6 Pertemuan

A.   Kompetensi Inti

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2  Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.2  Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.



C.   Indikator Pencapaian Kompetensi.
1.        Logis dalam menentukan himpunan.
2.        Bersikap Responsif terhadap materi yang berhubungan dengan Himpunan.
3.        Memiliki sifat Rasa Ingin Tahu terhadap materi penjelasan mengenai Himpunan.
4.        Memiliki sikap Teliti dalam menyelesaikan soal Himpunan.
5.        Menentukan himpunan
6.        Mengidentifikasi materi Himpunan.
7.        Menggambarkan himpunan bagian
8.        Menyajikan Himpunan kosong dan himpunan semesta
9.        Memberi contoh dan bukan contoh Himpunan.
10.    Menyatakan Himpunan.
11.    Membedakan contoh Himpunan dan bukan contoh Himpunan
12.    Menyatakan Himpunan dengan Diagram Venn.
13.    Menjabarkan operasi (Irisan) himpunan
14.    Menjabarkan operasi (Gabungan) himpunan.
15.    Menjabarkan operasi (Selisih) himpunan.
16.    Menjabarkan operasi (Komplemen) himpunan.
17.    Mengklasifikasikan tersendiri Komplemen Himpunan
18.    Memecahkan masalah Soal mengenai materi Himpunan.

D.   Tujuan Pembelajaran
            Dengan pendekatan scientific melalui model pembelajaran Teaching Center Learning (TCL), Inkuiri (Penemuan) dan Project Based Learning (PjBL) maka siswa dapat:
1.        Siswa Mampu berpikir Logis dalam menentukan himpunan ketika Guru menanyakan seputar materi himpunan
2.        Siswa dapat bersikap Responsif terhadap materi ketika guru menanyakan contoh himpunan dan bukan himpunan.
3.        Siswa akan memiliki Rasa Ingin Tahu terhadap materi yang akan diajarkan oleh guru ketika guru membuka materi baru (himpunan).
4.        Siswa dapat memiliki sifat Teliti dengan menyelesaikan soal-soal himpunan.
5.        Siswa dapat Menentukan himpunan ketika guru meminta contoh soal mengenai himpunan dan bukan himpunan. (I)
6.        Siswa dapat Mengidentifikasikan himpunan bagian dengan baik dan tepat ketika guru meminta penjelasan tentang materi himpunan bagian. (III)
7.        Siswa dapat Menggambarkan himpunan bagian dengan baik dan tepat ketika guru meminta siswa mempaparkan materi himpunan bagian. (III)
8.        Siswa dapat Menyajikan Himpunan berupa materi himpunan yang tidak memiliki anggota (Himpunan Kosong) dan Himpunan Semesta dengan caranya tersendiri dengan tepat. (II)
9.        Siswa dapat Memberikan Contoh himpunan dan bukan contoh himpunan ketika guru meminta siswa mengemukkannya didepan kelas dengan tepat. (I)
10.    Siswa dapat Menyatakan himpunan dengan melihat objek yang diberikan secara tepat. (I)
11.    Siswa mampu Membedakan contoh himpunan dan bukan contoh himpunan dengan hanya melihat dan membaca dengan soal yang diberikan guru. (I)
12.    Siswa dapat Menyatakan Himpunan dengan Diagram Venn ketika guru memberikan soal yang berhubungan dengan Materi Diagram Venn (IV)
13.    Siswa dapat Menjabarkan operasi (Irisan) himpunan saat guru memberikan soal materi operasi himpunan. (V)
14.    Siswa dapat Menjabarkan operasi (Gabungan) himpunan saat guru memberikan soal materi operasi himpunan. (V)
15.    Siswa dapat Menjabarkan operasi (Selisih) himpunan saat guru memberikan soal materi operasi himpunan. (VI)
16.    Siswa dapat Menjabarkan operasi (Kompelemen) himpunan saat guru memberikan soal materi operasi himpunan. (VI)
17.    Siswa mampu Mengklasifikasikan tersendiri himpunan dengan melihat dan mendengar penjelasan guru mengenai materi himpunan.(I)
18.    Siswa mampu Memecahkan Masalah berupa Soal yang berhubungan dengan materi himpunan ketika guru memberikan soal seputar himpunan. (V/VI)

E.   Materi Pembelajaran
1.    Mengenal Himpunan dan menyatakan himpunan, bukan himpunan. Menyebutkan anggota himpunan dan bukan anggota himpunan.
2.    Menyajikkan dan menyatakan cara menulis himpunan, menyatakan himpunan yang tidak memiliki anggota (Himpunan Kosong) serta pengenalan Himpunan Semesta.
3.    Himpunan Bagian.
4.    Menyatakan Himpunan dengan Diagram Venn
5.    Operasi pada Himpunan (Irisan dan Gabungan)
6.    Operasi pada Himpunan (selisih dan komplemen)

F.    Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran     : Pendekatan Scientific.
Model Pembelajaran              : Teaching Center Learning (TCL) dan Project Based Learning (PjBL).
Metode Pembelajaran           :  Diskusi dalam kelompok besar (Guru-Siswa)
Diskusi dalam kelompok kecil (Siswa-Siswa)
Penugasan Soal Pemecahan Masalah

G.  Media/Alat Pembelajaran
Media               :
ü  Laptop (PowerPoint)
ü  Proyektor (LCD)
Alat dan bahan :
ü  Lidi ukuran kecil
ü  Kelereng
ü  Karet gelang

H.  Sumber Belajar
LKS (Lembar Kegiatan Siswa) pada Setiap pertemuan

I.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Materi : Pengenalan Himpunan
Model Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)
Tujuan Pembelajaran :
1.    Siswa dapat Menentukan himpunan ketika guru meminta contoh soal mengenai himpunan dan bukan himpunan.
2.    Siswa dapat Memberikan Contoh himpunan dan bukan contoh himpunan ketika guru meminta siswa mengemukkannya didepan kelas dengan tepat.
3.    Siswa mampu Membedakan contoh himpunan dan bukan contoh himpunan dengan hanya melihat dan membaca dengan soal yang diberikan guru.
4.    Siswa dapat Menyatakan himpunan dengan melihat objek yang diberikan secara tepat.
5.    Siswa mampu Mengklasifikasikan tersendiri himpunan dengan melihat dan mendengar penjelasan guru mengenai materi himpunan.

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pembukaan

1.    Guru membuka pembelajaran dengan menyuruh siswa berdoa dan mengabsen sebelum pembelajaran dimulai.
2.    Guru melakukan apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu siswa.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu pengenalan mendalam mengenai Himpunan dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Guru menumbuhkan motivasi siswa untuk siap mengikuti pembelajaran dengan beberapa pertanyaan berupa “ayo tebak dan tentukan”
5.    Guru menampilkan suatu Powerpoint ke siswa. Dimana didalam powerpoint tersebut terdapat suatu gambar “ada 2 kucing atau lebih, yang ditempatkan pada kandang”.
6.    Guru bertanya kesiswa. Apa yang mereka lihat pada powerpoint yang telah ditampilkan oleh guru. (Mengamati).
7.    Guru mempersilakkan siswa untuk menanyakan apa yang ingin mereka ketahui mengenai gambar powerpoint yang telah ditampilkan oleh guru (Menanya)
8.    Guru bertanya lagi ke siswa “jika 2 kucing atau lebih dalam suatu kandang. Maka, dapat kita bilang bahwa 2 kucing atau lebih pada kandang tersebut adalah ...” pada hal ini guru memberikan (stimulus) kepada siswa agar siswa lebih memahami tujuan pembelajaran yang akan diarahkan pada pengenalan himpunan, yang akan dibahas pada pembelajaran.
9.    Dari sekian banyak respon (tanggapan) yang didapatkan dari siswa yang menyatakan bahwa 2 kucing atau lebih tersebut bisa dikatakan sebagai “kumpulan kucing, kelompok kucing, beberapa kucing, banyak kucing, dll”. Guru memberikan jawaban yang benar dari pernyataan siswa yang berbagai macam tersebut. “2 kucing atau lebih tersebut kita katakan bahwa itu adalah kumpulan kucing atau kelompok kucing”.
15 menit
Pembahasan Inti

1.      Guru memancing kepengetahuan siswa terhadap materi yang akan dibahas pada pembelajaran.
2.      Dari sekian banyak jawaban siswa yang didapat. Guru baru menjelaskan materi yang akan mereka bahas pada pembelajaran adalah materi himpunan. Dimana dengan mengatakan bahwa himpunan adalah “Kumpulan/pengkelompokan suatu Objek atau benda yang yang telah terdefinisi dengan jelas”.
3.      Guru menjelaskan bahwa kumpulan atau kelompok kucing pada slide adalah Himpunan kucing.
4.      Guru membuka slide powerpoint berikutnya, dimana pada slide powerpoint tersebut terdapat berbagai macam hewan (kucing, anjing, ayam, kambing, sapi, dsb).
5.      Guru kembali menanyakan kesiswa apa yang mereka lihat pada gambar powerpoint tersebut. (Mengamati).
6.      Guru memperbolehkan kembali siswa untuk menanyakan hasil yang mereka lihat pada gambar (Menanya).
7.      Guru meminta siswa untuk mencoba mencari tau tersendiri apa yang mereka bisa dapatkan pada gambar tersebut. Dan juga, guru meminta siswa untuk mencoba mencari tau apakah gambar hewan tersebut dapat dikatakan sebagai suatu himpunan atau tidak. (Mencoba dan Menalar)
8.      Guru meminta 1-3 orang untuk mempaparkan jawabannya mengenai gambar hewan pada powerpoint (Mengkomunikasikan).
9.      Guru kembali masuk ke materi pembahasan pada pembelajaran himpunan dan menjelaskan pengertian himpunan sekali lagi.
10.  Guru menanyakan kembali apakah gambar hewan pada powerpoint merupakan himpunan.
11.  Guru menjelaskan bahwa kumpulan hewan pada gambar yang ada pada powerpoint adalah Himpunan hewan. Dengan definisi yang jelas dan dapat di klasifikasikan sebagai Himpunan hewan peliharaan.
12.  Guru menampilkkan 3 slide dengan pertanyaan yang pada gambar yang ada di powerpoint berupa kumpulan hewan berkaki 2, kumpulan wanita cantik dan pria tampan, kumpulan alat-alat tulis. Dari ketiga slide tersebut  (Responsif dan Logis) Kumpulan wanita cantik dan pria tampan itulah yang bukan termasuk dalam definisi himpunan. Karena kata-kata cantik dan tampan tidak dapat terdefinisi dengan jelas.
13.  Guru membuka 2 sesi tanya-jawab atas materi yang telah disampaikan oleh guru, dimana setiap sesi memiliki 3 pertanyaan.

45 menit
Penutup

1.      Guru menanyakan ke 3-5 siswa kesimpulan yang dapat mereka ambil pada pembelajaran kali ini.
2.      Guru membuat kesimpulan lebih mendasar dari pembelajaran pengenalan himpunan.
3.      Guru memberikan arahan agar siswa terus belajar dan mempelajari materi yang sama.
4.      Guru memerintahkan siswa agar membawa benda yang akan digunakan pada pembelajaran selanjutnya (Lidi, Kelereng, Karet Gelang). Dalam hal ini guru mencoba menumbuhkan rasa ingin tahu siswa untuk apa kegunaan barang tersebut.
5.      Guru menutup pembelajaran dan memerintahkan berdoa agar ilmu yang dipelajari bermanfaat bagi siswa.
20 menit



Pertemuan 2 :
Materi                          : Menyajikkan dan menyatakan cara menulis himpunan, menyatakan himpunan yang tidak memiliki anggota (Himpunan Kosong) serta pengenalan Himpunan Semesta.
Model Pembelejaran   : Project based Learning (PjBL).
Tujuan Pembelajaran   :
1.        Siswa dapat menyajikan dan menyatakan cara penulisan himpunan.
2.        Siswa dapat Menyajikan Himpunan berupa materi himpunan yang tidak memiliki anggota (Himpunan Kosong) dan Himpunan Semesta dengan caranya tersendiri dengan tepat.
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pembukaan

1.      Guru membuka pembelajaran dengan menyuruh siswa berdoa dan mengabsen sebelum pembelajaran dimulai.
2.      Guru mengkondisikan siswa dalam keadaan siap belajar
3.      Guru memerintahkan siswa mengeluarkan barang yang telah di suruh untuk dibawa pada pertemuan sebelumnya ini (Lidi, Kelereng, dan karet gelang).
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Dalam hal ini akan terjadi diskusi kelompok besar (guru-siswa), diskusi kelompok kecil (siswa-siswa) dan tanya-jawab yang ada.
10 menit
Pembahasan Inti

1.    Guru Menanyakan beberapa pertanyaan guna mengulang sekilas definisi himpunan dan bukan himpunan. (Stimulus)
2.    Siswa menanggapi setiap pertanyaan yang disampaikan oleh guru. Dalam hal ini guru ingin menimbulkan sifat Responsif siswa terhadap materi yang diberikan pada pembelajaran sebelumnya. (Respon)
3.    Guru memerintahkan siswa memegang benda yang telah dibawa (lidi, kelereng dan karet gelang).
4.    Guru mengelompokkan siswa berdasarkan barang yang telah dibawakannya menjadi 3 kelompok. yaitu : (Mengorganisasikan)
·         Kumpulan (Kelompok) yang membawa lidi.
·         Kumpulan (Kelompok) yang membawa kelereng.
·         Kumpulan (Kelompok) yang membawa karet gelang.
5.    Guru menanyakan dari sekian kelompok tersebut untuk dapat menyatakan bahwa kelompok yang telah membawa barang serta berkumpul dapat dikatakan sebagai ...
·         Himpunan yang membawa lidi.
·         Himpunan yang membawa kelereng.
·         Himpunan yang membawa karet gelang.
6.    Guru mengkondisikan siswa agar berkumpul pada setiap himpunannya ke suatu tempat yang telah ditetapkan sesuai dengan himpunan kelompok.
7.    Guru meminta siswa untuk menuliskan nama setiap anggota himpunan pada kelompoknya dan nama kelompoknya yang diawali huruf kapital. Misalkan :
Himpunan Avengers. Maka, nama kelompok dituliskan A = {Thor, CaptainAmerika, Hulk, IronMan, Ant-Man, dst)
8.    Guru Mengumpulkan setiap data yang diberikan siswa dan melanjutkan pembelajaran dengan meminta siswa memperhatikan powerpoint yang telah disiapkan pada materi pembelajaran.
9.    Guru menjelaskan “kenapa tadi guru meminta siswa untuk menuliskan nama kelompok dengan huruf kapital”. Guru menjelaskan lambang suatu himpunan dan cara menyatakan dan menuliskan suatu himpunan, anggota suatu himpunan, himpunan semesta, himpunan kosong dan himpunan bagian. melalui powerpoint yang telah dibuat. (Melihat/Mengamati)
10.    Guru memberikan lembar kegiatan siswa (LKS) yang harus mereka kerjakan dalam kelompok sesuai dengan intruksi yang diberikan oleh guru selama 10-15 menit.
11.    Siswa mencoba menjawab setiap pertanyaan yang ada pada LKS (Mencoba)
12.    Guru berkeliling serta memimbing siswa yang mengalami kesulitan dengan LKS. (Menanya dan Menalar).
13.    Guru meminta setiap perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi yang telah mereka lakukan ketika mengerjakan LKS. (Mengkomunikasikan).
60 menit
Penutup

1.      Guru menanyakan kepada 1-3 siswa untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini.
2.      Guru menambahkan kesimpulan yang telah didapatkan dari 1-3 siswa sebelumnya.
3.      Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa yang akan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
4.      Guru memberikan semangat atas apresiasi yang telah lakukan oleh setiap siswa pada kegiatan pembelajaran. Serta memberikan sebuah motivasi agar selalu mempelajari materi yang telah didapat pada pembelajaran.
5.      Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a.
10 menit







Pertemuan 3 :
Model pembelajaran     : Problem Based Learning (PBL).
Materi                            : Himpunan Bagian
Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa dapat Mengidentifikasikan himpunan bagian dengan baik dan tepat ketika guru meminta penjelasan tentang materi himpunan bagian. (III)
2.      Siswa dapat Menggambarkan himpunan bagian dengan baik dan tepat ketika guru meminta siswa mempaparkan materi himpunan bagian. (III)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pembukaan

1.    Guru membuka pembelajaran dengan menyuruh siswa berdoa dan mengabsen sebelum pembelajaran dimulai.
2.    Guru memerintahkan 1 orang siswa untuk mengumpulkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pertemuan yaitu materi mengenai himpunan bagian.
4.    Guru memberikan apersepsi suatu kegiatan sehari-hari. Contohnya “
10 menit
Pembahasan Inti

1.    Guru menjelaskan materi yang akan dibahas pada pertemuan kali ini dengan menggunakan Laptop (Powerpoint). (Melihat/Mengamati).
2.    Guru mengkoordinasikan siswa menjadi beberapa kelompok dimana didalam 1 kelompok terdapat 4-5 orang. Guru setiap anggota kelompok sesuai dengan aturan peringkat siswa atau nilai siswa yang telah didapatkan. (Mengorganisasikan)
3.    Guru membagikan LKS materi himpunan bagian yang harus dijawab oleh siswa.
4.    Guru mempersilakkan siswa untuk bertanya terlebih dahulu Sebelum melakukan pembelajaran yang akan dilakukan. (Menanya).
5.    Guru mengintruksikan siswa untuk mengikuti perintah oleh soal (Mencoba)
6.    Siswa mengerjakan LKS sesuai dengan kelompok masing-masing. (terjadi diskusi kelompok kecil). (Menalar).
7.    Guru mengamati setiap kelompok serta membantu kelompok yang mengalami kesulitan (hanya mengarahkan) dalam mengerjakan LKS.
8.    Guru meminta setiap perwakilan kelompok untuk memaparkan hasil pekerjaan kelompok yang telah mereka lakukan. (Mengkomunikasikan)
9.    Guru melakukkan memperbaiki hasil paparan dan diskusi kelompok (jika terdapat kesalahan). (Evaluasi)
65 menit
Penutup

1.    Guru meminta kepada 2 siswa untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada pertemuan kali ini
2.    Guru menambahkan kesimpulan yang telah didapatkan dari 2 siswa sebelumnya.
3.    Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa yang akan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
4. Guru ngarahkan siswa untuk terus mempelajari materi yang telah didapatkan hari ini dengan mengerjakan tugas pekerjaan rumah yang telah diberikan.
5. Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a.
5 menit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar