Kamis, 12 Maret 2015

Media Pembelajaran


Media Pembelajaran


Pengertian Media Pembelajaran
Secara garis besar!
            Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.
Menurut Beberapa Ahli!
            Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
            Rossi dan Breidle (1966), mengemukakan  bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat di pakai untuk tujuan pendidikan, seperti radio, televisi, buku, k
            Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat kerasoran, majalah, dan sebagainya

Ciri-ciri Media Pembelajaran
1.  Ciri Fiksatif (Fixative Property)
                        Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek.
2.    Ciri Manipulatif (Manipulative Property)
                        Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki manipulative.
3.    Ciri Distributif (Distributive Property)
                        Ciri distributive dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditrasportasikan melalui ruang dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu.


Manfaat Media Pembelajaran
            Secara umum media pembelajaran mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai berikut:
a. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis ( dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka)
b. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti misalnya:
c. Objek yang terlalu besar, bias digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, atau model
d. Objek yang kecil, dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film atau gambar
e. Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat, dapat dibantu dengan timelapse atau high-speed photography.
f.  Kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu bias di tampilakan lagi lewat rekaman film, video, film bingkai, foto maupun secara verbal.
g. Objek yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain
h. Konsep yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim, dan lain-lain) dapat divisualkan dalam bentuk film, film bingkai dan gambar

Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran
            Adapun kelebihan menggunakan media dalam pembelajaranmatematika antara lain:
a. Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih jelas dipahami siswa sehingga   memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
b. Metode mengajar akan lebih bervariasi.
c. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar.
d. Motivasi belajar dari para siswa dapat ditumbuhkan / dinaikkan.
e. Dapat mengatasi sifat pasif dari para siswa.
            Adapun kekurangan dalam penggunaan media dalam pengajaran matematika antara lain:
a. Biaya pengadaan
b. Pengalaman seorang guru dalam menggunakan media pembelajaran.

Contoh Alat Praga yang dapat digunakan pada Pembelajaran Matematika






1 komentar: